Posted by : Unknown Jumat, 20 Maret 2015


  Mungkin anda pernah mendengar istilah pemrograman, berdasarkan prediksi saya anda sangatlah tertarik untuk mempelajari pemrograman lalu  dalam sekejap anda akan berfikir untuk membuat Game sendiri, Website  sendiri seperti Facebook atau yang lain, atau mungkin aplikasi mobile. Jika  benar demikian anda sama seperti saya dulu, apakah anda juga pernah mencari tutorial belajar pemrograman? dan anda sendiri bingung harus mulai darimana dan bingung mengartikan kode-kode program. Tapi percayalah anda pasti bisa namun jangan lupa untuk terus sabar, terus  percaya bahwa anda pasti bisa, tekun berlatih, dan jangan malu bertanya.

  Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai pemrograman mungkin ada baiknya bilamana anda mengetahu apa arti dari pemrograman itu sendiri. Menurut KBBI pemrograman adalah proses penciptaan urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu. berdasarkan kegunaannya pemrograman sendiri dibagi dalam beberapa kategori diantaranya adalah Website programming, Software programming (dekstop/mobile), Game programming (desktop/mobile).

  Bahasa pemrograman sendiri diartikan sebagai instruksi dasar untuk memerintah komputer menjalankan suatu fungsi. Seiring perkembangannya bahasa pemrograman sendiri semakin banyak diantaranya bahasa C, Java, Basic, PHP, Cobol, Assembly, Biner dsb. Berdasarkan tingkat kesulitannya bahasa pemrograman sendiri dibagi menjadi 4 kategori yaitu :
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Bahasa pemrograman dikatakan bahasa tingkat tinggi apabila semakin mudah dipahami oleh manusia begitu pula sebaliknya. 


  Sebenarnya anda tak perlu mempelajari semua bahasa pemrograman untuk dapat dikatakan sebagai programmer hebat, cukup mempelajar 2 atau 3 bahasa pemrograman namun sangat ahli dalam bahasa pemrograman tersebut, semisal anda mendalami Software programming cukup memilih salah satu bahasa C, JAVA, Basic. Anda akan semakin dimudahkan dalam mempelajari suatu bahasa pemrograman dikarnakan dalam setiap bahasanya terdapat sekumpulan orang yang fanatik dan mendirikan suatu forum untuk mengembangkan bahasa pemrogramannya semisal www.java-forums.org dan www.vbforums.com.

 Sekedar informasi, dalam dunia bisnis, dunia programming sangatlah menjanjikan selain menyediakan lapangan kerja yang sangat melimpah dengan gaji yang tak perlu diragukan, bagi anda yang ingin menjadi pengusaha besar dalam bidang ini, kesempatannya sangatlah besar sebut saja pendiri Microsoft yang menjadi orang terkaya tahun 2015 yaitu Bill Gates yang memiliki kekayaan bersih senilai USD 67 miliar, pendiri Google yaitu Sergey Brin dan Larry Page memiliki kekayaan USD 46 miliar, pendiri Dell yaitu michael Dell memiliki kekayaan USD 15,3 miliar.

  Terimakasih telah membaca posting kami, jangan menyerah untuk belajar pemrograman dan silahkan baca artikel lain kami mengenai pemrograman.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © NiVenOne Blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -