Posted by : Unknown Kamis, 19 Februari 2015

Mengapa robot Laron? apa hubungannya dengan robot yang akan kita buat? mungkin itu pertanyaan yang muncul dibenak anda, Laron adalah hewan yang sangat menyukai cahaya, kemunculanya biasanya selagi hujan rintik-rintik pas waktu maghrib, hewan ini mencari sumber-sumber cahaya seperti lampu jalan, lampu di ruangan rumah sampai lampu mobil dan motor yang menyala dijalan raya.

Konsep robot yang akan dibuat kali ini adalah robot laron yaitu robot pengikut cahaya dimana jika ada cahaya yang lebih dibanding cahaya ruangan maka robot akan mengikuti kemana arah cahaya itu atau prinsipnya Light Following Robot.

Seperti yang saya baca pada buku Robot BEAM karya mas Taufiq Dwi Septian Suyadhi yang mengulas robot laron sangat mudah sekali untuk dipraktekan hanya membutuhkan dua buah motor dc, tempat baterai, dan dua buah sensor cahaya menggunakan photodioda. Jika anda berminat untuk mempelajari robot ini secara full bisa beli bukunya disini.

Robot Laron
Robot Laron
Untuk gambar skemanya bisa dilihat dibawah ini :
Skema robot laron
Skema robot laron
Untuk membuatnya saya lampirkan pula desain PCB-nya :
PCB Robot laron tampak bawah
PCB Robot laron tampak bawah

PCB Robot laron tampak atas
PCB Robot laron tampak atas
Wah mudah sekali bukan, saya berharap anda mencobanya dan bisa mengaplikasikan robot ini dengan baik, untuk melihat aksi robot laron bisa anda lihat dalam video dibawah ini :

Sumber : www.robot-id.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © NiVenOne Blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -